Alun-alun Jadi Pusat Tahun Baru

Alun-alun Jadi Pusat Tahun BaruBANYUMAS – Perayaan tahun baru di Kabupaten Banyumas dibagi ke enam titik, salah satunya di Alun-alun Banyumas dan pendopo Kecamatan Banyumas. Pembagian dilakukan untuk memecah keramaian dan mengurangi kemacetan di area Purwokerto.
Kabid Kebudayaan Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Dra. Rustin Harwanti MSi mengatakan, Alun-alun Banyumas menjadi pusat keramaian di Banyumas selain di Alun-Alun Purwokerto, Andang Prangenan, Gor Satria, Balai Kemambang dan Baturraden. Kecamatan Banyumas juga merupakan sentra budaya. “Alun-alun Banyumas ramai,” katanya.
Sementara itu, sekretaris kecamatan Banyumas, Drs Agus Eko Budianto mengatakan, tahun baru, masyarakat cenderung mengejar keramaian, sehingga perayaan yang dilakukan di Alun-alun Banyumas dan Pendopo Kecamatan Banyumas bisa memecah konsentrasi masyarakat. “Dari Somagede, Tambak, Sumpiuh, Kemranjen, Susukan Banjarnegara juga bisa datang ke Alun-alun Banyumas, tidak semuanya pergi ke Purwokerto,” ujarnya.
Agus menambahkan, acara perhelatan tahun baru yang ada di Alun-alun Banyuamas bertujuan untuk mengurangi kemacetan di Purwokerto. “Agar Purwokerto tidak terlalu ramai,” imbuhnya.
Karena tahun baru identik dengan keramaian, keamanan pun disiapkan, mulai dari Koramil, Polsek, Satpol PP Kecamatan, dan Para komunitas Pemuda. “Karena ramai, keamanan harus terjaga, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya. (wah) 

Comments

Popular Posts