8 Seleb ini sama sekali tak mau sentuh internet!


Meski Hollywood dipenuhi selebritis yang ingin menaikkan derajat dirinya dengan berbagi hal-hal tentang dirinya di sosial media, ada segelintir selebritis papan atas yang tak tertarik dengan hal tersebut. Di era boomingnya sosial media seperti sekarang, ternyata sifat narsisme dari para seleb bisa tersalurkan dengan mudah. Bahkan, mereka yang ingin beradu argumen secara sehat maupun caci maki, bisa dilakukan dengan mudah bisa menggunakan sosial media.
Memang tak semua seleb ingin pamer mereka sedang berada di mana dan melakukan apa. Beberapa seleb terlihat menggunakan sosial media untuk hal positif, tanpa memasukkan bumbu privasi ke dalamnya. Seperti Leonardo DiCaprio yang tanpa lelah menggunakan sosial media untuk aktif mengkampanyekan isu lingkungan.
Mungkin beberapa seleb justru gerah melihat para seleb lain yang 'mengumbar' berbagai hal mengenai dirinya di sosial media dan jadi konsumsi publik. Oleh karena itu ada beberapa publik figur yang tak tertarik ke sosial media, bahkan tak tertarik ke teknologi sama sekali.
Bukan berarti mereka ketinggalan zaman, mereka justru hidup dengan lebih bahagia dan lebih dapat menghargai waktu. Siapa sajakah mereka? Simak daftarnya berikut ini.

1.
Shailene Woodley

Di usianya yang masih 24 tahun, sepertinya Shailene akan jadi orang termuda di daftar ini, dan jadi orang dan selebritis yang sama sekali tak merepresentasikan generasinya.
Bagaimana tidak, aktris yang membintangi "The Fault in our Stars" ini sangat jarang terkoneksi dengan internet, sesuai yang diberitakan oleh The Daily Beast. Shailene menyebut internet adalah 'lubang yang berbahaya,' yang membuatnya tak membaca apapun di sana. Selanjutnya, dia menyatakan bahwa dia tak perlu pembuktian diri dan apapun yang dia lakukan dalam karirnya bukanlah ajang pembuktian kepada siapapun melalui jalan online.
Bahkan, Shailene tidak memiliki smartphone. Seperti yang dia katakan sendiri di acara tengah malam "Tonight Show Starring Jimmy Fallon," jika ada proyek film, para kru film tersebut akan memberi sebuah ponsel yang tertulis nomor ponsel tersebut di belakangnya. Selebihnya, dia sangat jarang terhubung ke dunia luar.
Bahkan, menurutnya, jika dia butuh sesuatu, dia akan berhenti beraktivitas dan bertanya ke orang lain, ketimbang melihat aplikasi yang ada di smartphone.
"Makin jauh kamu dari teknologi, makin banyak kebebasan yang kamu miliki," ungkap Shailene seperti dilansir dari Business Insider.

2.
Winona Ryder

Banyak orang yang memuja Winona dan menjadikannya role model dalam hidup karena kesuksesannya di usia muda ketika di era 90an. Sampai kini pun, karena kecantikannya, mantan kekasih Johnny Depp ini juga tetap dipuja-puja. Namun bisakah para pemuja Winona ini mengikuti gaya hidup Winona yang sama sekali tak pernah menyentuh teknologi?
Yap, pemenang piala Golden Globes ini mengaku di sebuah wawancara dengan USA Today bahwa dia tak pernah menggunakan internet. Bahkan lebih parah, Winona tak pernah sekalipun menggunakan komputer dalam hidupnya.
Dalam interview yang dilakukan di sela-sela promosi film "Black Swan" di tahun 2010 tersebut, Winona menyatakan bahwa dia memiliki email di Blackberry miliknya, dan itu hal paling 'hi-tech' yang dilakukannya. Dia juga mengaku kalau dia tak pernah membaca blog sama sekali di hidupnya.
Untuk saat ini, Blackberry pun sudah tiada. Tidak jelas apakah kebiasaan Winona masih sama. Mungkin saja Winona kini punya iPhone, meski ia hanya akan mempergunakan emailnya saja dan menelantarkan fitur canggih lain yang ada di dalamnya.

3.
Elton John

Ditasbihkan sebagai musisi legenda dunia dengan salah satu penjualan album terbaik sepanjang masa, musisi asal Inggris Elton John ternyata tak menerima perkembangan teknologi menjamah dunia musik.
Sang musisi yang punya gelar 'Sir' tersebut merasa tahun 70an adalah era terbaik dalam dunia musik dunia, dan di hari ini musik dianggapnya makin jelek. Sang pelantun 'Candle in the wind' ini merasa dengan adanya internet, musisi kini tak lagi saling berkomunikasi dan masing-masing sibuk memproduksi sendiri musiknya di 'basement' rumah mereka.
Argumen ini justru dianggap konyol oleh masyarakat, karena masyarakat tentu akan menganggap Elton John ketinggalan zaman karena dia tak tahu kalau internet justru membuat orang terkoneksi, tanpa harus saling bertatap muka secara langsung.
Yang lebih konyol lagi, dia menyatakan kealergiannya terhadap teknologi di wawancara dengan tabloid The Sun. "mari kita keluar ke jalan dan protes daripada duduk di rumah dan ngeblog," ungkap Sir Elton. Dia juga berpendapat bahwa internet seharusnya 'ditutup' selama 5 tahun agar musik dunia kembali membaik.

4.
George Clooney

George Clooney adalah aktor papan atas dan tak ada yang memungkiri hal tersebut. Namun dia sudah merasa cukup dengan karirnya yang cemerlang, tanpa sokongan dari sosial media. Suami dari Amal Clooney ini bahkan memproklamirkan bahwa dia anti terhadap Facebook maupun Twitter.
Dalam wawancaranya bersama E! Online, dia menyatakan kalau lebih baik dia diperiksa 'duburnya' oleh dokter dengan tangan dingin dan disiarkan secara langsung di televisi, ketimbang memiliki akun Facebook.
Di lain kesempatan, George Clooney yang diwawancarai Esquire menyatakan bahwa semua orang yang famous yang menggunakan Twitter adalah orang bodoh.

5.
Rachel McAdams

Siapa yang tak kenal aktris cantik asal Kanada yang cukup terkenal dengan peran drama romantisnya, Rachel McAdams. Mungkin tak ada yang menyangka bahwa Rachel ternyata cukup 'gaptek.'
Dalam wawancaranya ke majalah People, dia menyatakan bahwa dia hanya mendengarkan radio, tak punya televisi dan sangat buruk dalam menggunakan email. Dia bahkan mengatakan bahwa dirinya adalah seorang yang 'dungu,' karena ketidakmauannya untuk ikut arus dalam era digital.
Meski demikian, hal tersebut sangat dimengerti mengingat sejak booming sosial media tahun 2008 silam, Rachel sangat fokus di berbagai film yang dibintanginya seperti The Time Traveler's Wife, serta dua film Sherlock Holmes.

6.
Eminem

Rapper bernama asli Marshall Mathers ini punya julukan King of Hip Hop dari majalah Rolling Stone berkat kemampuannya dalam 'ngerap' dan keindahan dirinya dalam menulis lirik. Namun kemampuannya dalam hal menulis lirik maupun musik tak dia pamerkan di sosial media, karena dia adalah orang yang berhati-hati di internet.
Dalam interviewnya bersama SPIN, dia menyatakan bahwa dia tak mencoba mencari tahu bagaimana cara kerja internet dan komputer. Hal ini dikarenakan jika belajar hal tersebut, dia pasti akan mengeluhkan komentar-komentar yang datang silih berganti padanya tiap hari, dan hal itu akan membuatnya gila.
Meski demikian, Eminem tetap menggunakan Twitter untuk keperluan promosi konser dan albumnya. Akun Twitter miliknya, @eminem, hanya 'ngetweet' 615 kali sejak pertama kali bergabung di 2009 silam.

7.
Angelina Jolie dan Brad Pitt (8)

Jadi aktris dan aktor papan atas di dunia, hidup dipenuhi lampu sorot yang mengarah ke dirinya sebagai pasangan paling hot di dunia, serta aktif dalam kegiatan sosial, ternyata sudah sangat menyibukkan Angelina Jolie dan Brad Pitt hingga mereka tak sempat mengunjungi internet.
Di 2011 silam, istri dari Brad Pitt ini bahkan baru pertama kali mencoba berbelanja online di Amazon.com. Uniknya, Angelina Jolie kebingungan dengan berbagai opsi yang ada di dalamnya. Pada akhirnya, dia akan pergi ke suatu mall untuk berbelanja.
"Aku dan Brad mencoba buka Amazon.com untuk pertama kalinya minggu lalu. Namun kami tersesat dan setelah satu jam kami matikan saja komputernya. Otak kami berasa berceceran dan selalu salah klik ke arah yang berbeda. Sepertinya aku akan bertahan dengan katalog manual," ungkap Jolie pada USA Today.
Bahkan di wawancaranya dengan PopSugar di 2008 silam, Angelina Jolie menyatakan bahwa dia tidak bisa menyalakan komputer.
Sang suami sama sekali tak lebih baik. Brad Pitt mengaku secara eksplisit bahwa dia tak mengerti cara bekerja komputer dan internet, dan dia tidak mau berpartisipasi di dalam internet yang ia sebut sebagai 'mesin publisitas' tersebut.
Dilansir dari Newsweek di 2009, Brad Pitt menyatakan bahwa internet adalah suatu entitas besar yang akan membuat orang tersedot ke dalamnya. Dia tak akan mau 'menjual' privasinya ke publik, karena menurutnya, hal tersebut tak akan membuatnya damai.

Comments